KEGIATAN KELOMPOK KKN UNDANA JULI-SEPTEMBER 2011


2.1.    Identifikasi permasalahan
Identifikasi dan perumusan masalah dibahas oleh Mahasiswa bersama pihak Kelurahan pada saat penyusunan rencana program kegiatan, hal ini dimaksudkan agar hasil program-program kegiatan yang akan dilaksanakan dapat mencapai tujuan serta sasaran kegiatan KKN. Adapun pemasalah yang ada yaitu :
1.      Kurang terawatnya lokasi di sekitar kantor desa dan gereja yang membutuhkan sentuhan Kerja Bakti dari mahasiswa KKN.
2.      Adanya data monografi dari tahun 2008 yang membuat mahasiswa KKN harus melakukan Survei dan Pendataan penduduk terbaru.
3.      Masih sederhananya admistrasi Desa
4.      Tidak adanya Gapura Desa
5.      Putusnya jembatan desa yang menghubungkan dua dusun yakni dusun dua dan dusun satu.
6.      Keadaan jalan yang masih diperlukan pengerasan
7.      Kurangnya jumlah guru yang mengajar di SD dan SMP SATAP Leonai
8.      Rendahnya pemahaman masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat
9.      Keadaan bak induk yang tanpa penyaring dan pipa yang sering mengalami kerusakan
10.  Belum adanya penerangan di rumah-rumah (Listrik PLN)
2.2.    Pemilihan Permasalahan
               Berdasarkan hasil observasi mahasiswa KKN 2011 di Desa Faumes, maka diambil lima  permasalahan yang disepakati untuk dijadikan program kelompok Adapun rencana program yang akan dilaksanakan sebagai berikut:
1.      Kerja Bakti
2.      Survei dan Pendataan penduduk
3.      Pembenahan Admistrasi Desa
4.      Pembuatan Gapura Desa
5.      Membantu Penyelesaian Jembatan Desa


2.3   Pelaksanaan Program
1.    Kerja Bakti
Bakti sosial merupakan suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang secara bersama sama untuk mencapai tujuan tertentu. Bakti sosial yang dimaksud dalam hal ini adalah pembersihan lingkungan di sekitar kantor Desa dan gereja.
Alasan dilakukannya program ini karena berdasarkan hasil observasi ternyata halaman kantor desa dan gereja masih perlu dibenahi sebab banyak rumput liar yang tumbuh. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari. Dalam pelaksanaan kegiatan ini kendala yang dihadapi adalah kurang memadainya peralatan yang digunakan.
Gambar 2. Pembersihan lokasi Kantor Desa Faumes




















Gambar 3. Pembersihan lokasi gereja Imanuel Leonai
2.    Survei dan Pendataan Penduduk
Pendataan penduduk desa Faumes 2011 bertujuan untuk mengetahui jumlah penduduk, keadaan sosial dan keadaan ekonomi masyarakat Desa Faumes. Program pendataan penduduk ini dilakukan untuk membantu pemerintah Desa Faumes agar dapat membantu dalam mengetahui keadaan masyarakatnya serta dapat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan terhadap pembangunan masyarakat Desa Faumes.
Pendataan penduduk Desa Faumes tahun 2011 ini dilakukan oleh mahasiswa/I KKN Undana yang bertujuan untuk membantu pemerintah Desa Faumes dalam melaksanakan program-program pemerintah Desa Faumes sekaligus untuk bersosialisasi dengan masyarakat Desa Faumes. Pendataan penduduk dilakukan selama 4 hari yaitu dari tanggal 24 Juli 2011 sampai dengan 28 Juli 2011.








Gambar 4.  Survei penduduk di dusun 3 dan 4 dan Pendataan penduduk
3.    Pembenahan Admistrasi Desa
Salah satu program kelompok yang dilaksanakan di Desa Faumes oleh mahasiswa/i KKN UNDANA 2011 adalah melakukan Pembenahan Administrasi yakni; Pembenahan Papan Struktur Organisasi Desa dan Perbaikan Papan Nama Desa.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu Kepala Desa Faumes melengkapi apa yang kurang pada Kantor Desa Faumes khususnya dalam bidang administrasi. Setelah melakukan observasi di dalam Kantor Desa Faumes adalah kurang layaknya Papan Struktur Organisasi Pemerintahan Desa dan papan nama desa. Oleh karena itu, mahasiswa/i  membuat salah satu program kelompok yang telah disebutkan diatas.
Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk membantu masyarakat Desa Faumes mengetahui struktur atau organisasi pemerintahan yang ada di Desa. Selain itu, pembuatan Papan Struktur Organisasi Pemerintahan Desa untuk mengetahui dan fungsinya sehingga tidak terjadi tumpang tindih pelaksanaan tugas Pemerintahan Desa.


Gambar 5. Pembongkaran papan nama desa, BPD dan PKK
Gambar 6. Pengecatan bagian belakang papan nama desa setelah perbaikan
4.    Pembuatan Gapura Desa
Pembuatan gapura desa merupakan rencana kerja dari desa yang pengerjaannya dilakukan oleh mahasiswa KKN 2011. Kegiatan ini dilakukan di halaman kantor desa yakni, di pintu gerbang desa. Langkah awalnya ialah kelompok menggambarkan model dan bentuknya kemudian memperkirakan bahan dan biaya yang dibutuhkan selanjutnya berkoordinasi dengan Bapak Kepala Desa untuk proses pengadaannya.
Dalam menyelesaikan gapura ini banyak kendala yang dialami oleh Mahasiswa KKN, yakni kekurangan bahan dan pengerjaaannya sendiri dilakukan oleh mahasiswa.
Gambar 7. Pembuatan rangka cor dan pencoran gapura desa



Gambar 8. Gapura desa
5.    Membantu Penyelesaian Jembatan Desa
Pengerjaan jembatan desa adalah salah satu program PNPM untuk tahun anggaran 2010 yang pelaksanaanya belum terselesaikan sampai kedatangan Mahasiswa KKN. Kelompok mahasiswa merasa tersentuh kemudian mengadakan pertemuan singkat untuk membantu penyelesaiannya.

Gambar 9. Pengerjaan jembatan desa

2.4  Respon Masyarakat
Dukungan masyarakat terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa pada umumnya diresponi secara positif dan setiap kegiatan yang dilakukan dibantu oleh masyarakat Desa Faumes.
Masyarakat sangat mendukung semua kagiatan baik kelompok maupun individu yang mana masyarakat secara antusias mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan mahasiswa. Masyarakat turut membantu memberikan informasi, memfasilitasi, usul, saran dan kritikan yang membantu dalam proses kegiatan KKN yang berlangsung selama 2 bulan di Desa Faumes.

2.5  Tantangan dan Hambatan
Tantangan dan hambatan yang ditemukan pada saat pelakasaan kegiatan KKN yaitu:
1.      Minimnya sarana transportasi menuju lokasi KKN akibat dari kondisi jalan yang sangat memperihatinkan.
2.      Jarak antar dusun yang satu dengan yang lainnya berjauhan yang mencapai ± 4 Km.
3.      Keterbatasan dana.
4.      Keadaan gelap di malam hari akibat tidak adanya penerangan.
3.1  Kesimpulan
Berkat dukungan dan kerja sama yang baik dari semua pihak terutama staf desa, lembaga terkait, masyarakat setempat, dan mahasiswa KKN, semua kegiatan baik program utama (kelompok) maupun program individu yang direncanakan telah dilaksanakan dengan baik dengan hasil yang memuaskan.

3.2  Saran
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat dikemukakan beberapa saran atau masukan sebagai berikut:
1)      Pemberdayaan dan pengembangan sumber daya yang ada di wilayah Desa Faumes adalah tanggung jawab bersama pada umumnya, dan masyarakat serta aparat pemerintahan setempat khususnya.
2)      Perlu peningkatan partisipasi aktif masyarakat yang berdaya kreatif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan guna mencapai kehidupan bersama yang lebih baik.
3)      Dukungan dan motivasi serta sosialisasi dari pihak-pihak terkait sangat dibutuhkan mengingat potensi wilayah Desa Faumes yang cukup unggul dibanding dengan Desa lain yang ada di Kecamatan Amfoang barat laut.
4)      Perlu diadakannya kegiatan-kegiatan yang dapat memotivasi siswa untuk berkreasi dengan bakat atau potensi-potensi yang dimilikinya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, setelah membacanya.
Terima kasih