ALU, Penganan Kaya Nutrisi

Alu adalah penganan yang terbuat dari tepung tapioka. Proses pembuatannya pun sederhana. singkong yang telah dikupas, diparut. hasil parutan itu kemudian di campur dengan air dan diperas. air hasil perasan itulah yang akan menjadi Alu. air itu akan diendapkan. setelahnya dijemur. hasilnya akan menjadi tepung alu.
dalam masyarakat ende. alu sendiri memiliki keunikan tersendiri. alu sering dibuatkan penganan dengan bahan yang sederhana yang ada di sekitar masyarakat. yang belum disadari masyarakat ialah, sesungguhnya Alu memiliki nilai gizi atau nutrisi yang lumayan baik. hal ini bisa dilihat pada tabel dibawah ini:
komposisi kandungan nutrisi tepung alu (tapioka):
No.
Komposisi
Jumlah
1
Kalori per 100 gr
362
2
Karbohidrat %
88.2
3
Kadar air %
9
4
Lemak %
0.5
5
Protein %
1.1
6
Ca (mg/100 gr)
84
7
P (mg/100 gr)
125
8
Fe (mg/100 gr)
1.0
9
Vit. B1 (mg/100 gr)
0.4
10
Vit. C (mg/100 gr)
0
 sumber: scribd.com
selain itu masyarakat juga kadang belum terlalu memaksimalkan keberadaan Alu ini. alu dilihat sebagai makanan sampingan saja. bukan sebagai makanan utama. padahal ubi yang merupakan bahan utama makanan ini menjadi salah satu produksi paling banyak di lahan para petani di ende. bila ditilik lebih jauh lagi, sesungguhnya makanan lokal lebih diprioritaskan karena memang berada di daerah sendiri serta mudah dan murah untuk mendapatkannya.
selain itu keterbatasan sumberdaya manusia masyarakat untuk mengolahnya dalam bentuk lain menjadi salah satu faktor pemicu. masyarakat belum mapu memberdayakan alu ini dalam bentuk yang lebih menarik, ekonomis dan mempunyai nilai jual.

untuk mengetahui lebih luas mengenai alu, baca di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, setelah membacanya.
Terima kasih