Istilah dan Artinya Untuk Lambang Kartu Remi Di Ende.


Permainan kartu remi sering dimaikan oleh masyarakat Ende. Permainan itu, bukanlah permainan tradisional. Permainan kartu remi sudah dikenal sejak lama. Pada abad ke enam belas ketika portugis memasuki daerah Ende, Flores ada beberapa hal yang dipengaruhinya. Salah satunya ialah istilah dalam lambang kartu remi. Dalam permainan kartu remi, dikenal beberapa istilah untuk lambang setiap kartu.
Pada masyarakat ende, juga dikenal beberapa istilah lokal. Istilah tersebut sebenarnya bukan bahasa asli orang ende. Istilah itu diadopsi atau dibawa oleh bangsa portugis.
Pada kartu berlambang hati, orang ende menyebutnya dengan GEWE. Istilah "Gewe" yang dikenal sebenarnya berasal dari bahasa Afrika digunakan oleh bangsa portugis untuk menginterprestasikan hati sebagai "memaafkan". Gewe artinya Maaf yang disimbolkan dengan hati.
Ada juga Sidhu atau ruit/ruite untuk menyimbolkan diamond/berlian yang melambangkan kesuburan atau kemakmuran seperti yang sering ditemui pada anyaman tikar dll di wilayah Lio. Berikutnya Claver/clover/kriting ini juga menyimbolkan tumbuhan. Orang Afrika menyebutnya "Klawer" sama dengan orang Ende. Begitu pula "Skopa" yg berbentuk gambar sekop sebuah peralatan dalam rumah utk menimbolkan pekerja keras. (Izm*) (Dari Bebagai Sumber)
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, setelah membacanya.
Terima kasih