Pantai Batu Hijau Penggajawa, Ende.



Flores adalah sebuah pulau yang banyak sekali memiliki objek wisata yang menakjubkan. Mulai dari keajaiban dunia seperti danau tiga warna yang terus berubah warnanya sampai pada pantai dan pemandangan bawah laut yang begitu eksotik. Sangat sayang untuk dilewatkan karena keindahan yang tiada tandingan itu.
Untuk sebuah pantai, kita tentu telah banyak mendengar atau bahkan berkunjung ke daerah yang Pantai berpasir hitam. Pantai pasir putih pun sudah banyak kita tahu atau pun telah dikunjungi. Kali ini saya ingin memperkenalkan sebuah pantai yang memiliki hamparan baju hijaunya. Orang sering menamainya batu hijau Penggajawa (Green stone). Pantai dengan pesona tersebut ada di wilayah Flores Bagian Tengah. Tepatnya di Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende. Pantai Penggajawa namanya.
Pantai penggajawa berjarak sekitar 26 kilometer dari kota Ende. Pantai tersebut memiliki hamparan baju hijau di sepanjang garis pantainya. Bahkan hamparan batu hijau itu sudah bisa ditemukan dari sepanjang garis Pantai Penggajawa sampai di pantai sekitar wilayah Nangamboa.
Bila ingin ke pantai tersebut, kita bisa menggunakan kendaraan sendiri (sepeda motor atau mobil) atau bisa juga menggunakan angkutan umum Jurusan Ende-Nangapanda yang beroperasi setiap hari mulai dari pukul enam pagi sampai dengan pukul enam sore. Angkutan umum jurusan tersebut sering mangkal di Kilometer Nol Flores, atau di sebelah timur Lapangan Pancasila atau Taman Renungan Bung Karno (TRBK).
Sepanjang perjalanan dari Ende ke Penggajawa tersebut, anda akan disuguhi dengan pemandangan pantai dan juga lautan lepas. Sebab, jalan ke sana mengikuti garis pantai dan juga membelah bukit yang berkelok. Anda cukup memniapkan ongkos perjalanan sebesar Rp. 7000 bila menggunakan kendaraan umum.
Di pantai tersebut anda akan menemukan banyak batu dengan aneka bentuk dan ukuran serta ada juga yang berwarna lain selain warna hijau. Tak banyak wisatawan yang datang. Hanya ada masyarakat setempat yang bekerja untuk mengumpulkan batu sesuai bentuk, ukuran, atau warna. Memang belum ada pengembangan untuk menjadikan pantai penggajawa sebagai destinasi wisata. Belum ada penginapan, hotel ataupun restoran yang meyediakan segalanya untuk penunjung. Pemerintah juga belum meliriknya.
Namun, sayang untuk dilewatkan, karena di sana terdapat banyak batu dengan aneka bentuk dan ukuran serta warna. Ada warna ungu, merah, putih, kuning, bahkan yang berlapis-lapis warnanya. Bentuknya pun macam-macam, ada yang kotak, segitiga, bundar, dan lonjong. Ukurannya pun beragam, mulai dari yang besar hingga yang imut seukuran kacang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, setelah membacanya.
Terima kasih