Gissela dan Ulang Tahun



Gissela namanya. Keponakan saya. Kami sama-sama tinggal serumah. Sifat kanak-kanaknya membuat ia ingin menguasai semua dari orang tuanya. Seperti remote TV dengan chanel anak-anak, bangku dan yang lainnya. Dia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke empat pada tanggal lima maret yang lalu. Tepat sepuluh hari setelahnya, saya merayakan ulang tahun. Pada hari ulang tahunnya, ia begitu bersemangat. Mama dan ayahnya menyiapkan acara kecil untuk hari ulang tahunnya. Mengundang beberapa anak tetangga, teman sepermainannya dan juga beberapa teman-teman kantor orang tuanya yang bekerja di Puskesmas Maubasa.
Sore sebelumnya, ia nekat membagikan kartu undangan yang sudah ditulis sebelumnya oleh mamanya. Saya merasa lucu, perihal semangatnya. Ia belum bisa baca, tapi mau mengantarkan undangan. Takutnya salah tujuannya. Hehehee.. tapi ternyata undangannya habis dibagikan. Kurang tahu apakah tepat dengan nama penerima.
Mungkin, pada ulang tahunnya, orang banyak menyanyi lagu selamat ulang tahun, happy birthday dan potong kue, dll. Dia jadi hafal semua lagu-lagu tersebut. Kehebohannya muncul lagi dari kemarin sore. Ketika mamanya membuatkan beberapa kue untuk kami rayakan bersama dalam rangka ulang tahun saya. Ia terus menyanyikan beberapa lagu bernuansa ulang tahun kepada saya. Bahkan beberapa teman jauh, yang mendengar lewat telepon merasa lucu. (pada saat dia menyanyi, saya sedang menerima telepon). Juga mengucapkan selamat ulang tahun berulang-ulang kepada saya. “selamat ualang tahun, Om Djho” sambil mencium tangan saya.
Pagi ini, Gissela masih saja dengan kehebohannya. Setelah mandi, ia menegur saya, yang baginya salah kostum. “Om Djho, tidak boleh pake baju itu” ia melihat saya memakai pakaian kantor. Mungkin baginya ulang tahun itu harus berpakaian yang beda. Saya kurang tahu, pakaian apa yang ia maksudkan. Dari dalam kamar, saya mendengar dia, meminta ayahnya untuk mengenakan dia baju pesta. “Ayah, cari baju pesta sa”.
Bagi Gissela, ulang tahun adalah pesta. Hal ini sedikit bertolak belakang. Saya yang dari lahir tak pernah merayakan hari ulang tahun merasa sedikit ganjil. Maklum hari lahir saya yang ditolong dukun, hanya melaksanakan ritual-ritual peninggalan dari nenek moyang.
Selamat ulang Tahun Gisella. Selamat Ulang Tahun Om Djho. 

Maubasa, 16 Maret 2017

3 komentar:

Silahkan berkomentar, setelah membacanya.
Terima kasih