biografi pelopor ilmu komunikasi

saya sangat pusing ketika di beri tugas membuat biografi, pelopor ilkom.
makanya saya posting saja materi tugas saya ini..biar teman-teman bisa membacanya.



1. WILBUR SCHRAMM

Wilbur Schramm mempunyai nama lengkap Wilbur Lang Schramm, seorang pakar komunikasi berparadigma positivistik dari Amerika Serikat. Beliau lahir di Marietta, yakni sebuah kota yang terletak di batas selatan Ohio, yang diberi nama oleh penjajah Perancis pada tanggal 5 Agustus 1907dan meninggal di Honolulu, Hawaii pada tanggal 27 Desember 1987. Leluhur Schramm berasal dari Schrammsburg, Jerman, dan nama Jerman yang didapat Schramm dikarenakan kesulitan keluarganya selama Perang Dunia I, sewaktu Schramm masih anak-anak. Ayahnya adalah seorang pengacara di Marietta, yang membuka praktek legal yang menyedihkan.
Meraih gelar A.B. dari Universitas Marietta (1928), A.M. dari Universitas Harvard (1930) dan Ph.D. dari Universitas Iowa (1932). Schramm mengajar Bahasa Inggris di Iowa (1935-1943), selain itu juga mendasari berdirinya American Prefaces sekaligus sebagai editornya. Menjadi pimpinan the Iowa Writer’s Workshop, bekerja di firm Harcourt Brace dan membantu di federal war information agencies. Beliau memimpin School of Journalism di Iowa (1943-1947). Kemudian menjadi pimpinan program kajian komunikasi massa di Universitas Illinois, Universitas Stanford dan the East-West Center, Universitas Hawaii. Beliau merupakan seorang penulis produktif dan editor di American literature dan Mass Communication.

2. HAROLD LASSWELL

Harold Dwight Lasswell 13 Februari 1902 - 18 Desember 1978 adalah ilmuwan politik dan ahli komunikasi terkemuka Amerika. Dia adalah anggota sekolah Chicago sosiologi dan menjadi profesor di Universitas Yale dalam ilmu politik . Dia adalah Presiden Dunia Akademi Seni dan Sains (WAAS) dan Asosiasi Ilmu Politik Amerika (APSA). Seiring dengan berpengaruh lainnya liberal periode, seperti Walter Lippmann , ia berpendapat bahwa demokrasi diperlukan propaganda untuk menjaga warga kurang informasi dalam perjanjian dengan apa yang telah menentukan kelas khusus di kepentingan terbaik mereka.
Saat ia menulis dalam entri tentang propaganda untuk Encyclopaedia Ilmu Sosial , kita harus menyisihkan "dogmatisms demokratis tentang laki-laki menjadi hakim terbaik dari kepentingan mereka sendiri" karena "laki-laki sering menjadi hakim miskin bagi kepentingan mereka sendiri, melayang dari satu alternatif ke depan tanpa alasan yang kuat ".
Ia juga dikenal karena komentar tentang komunikasi :
1. Who? (siapa/sumber).
2. Says What? (pesan).
5. With What Effect? (dampak/efek).
4. To Whom? (untuk siapa/penerima).
3. In Which Channel? (saluran/media) dan politik :
Politik adalah siapa mendapatkan apa, kapan, dan bagaimana dan pada atribut psikologis menyimpang pemimpin dalam politik dan bisnis: Lasswell belajar di University of Chicago pada tahun 1920, dan sangat dipengaruhi oleh pragmatisme yang diajarkan di sana, terutama dikemukakan oleh John Dewey dan George Herbert Mead . Lebih berpengaruh, bagaimanapun, adalah filsafat Freudian, yang menginformasikan banyak analisis propaganda dan komunikasi pada umumnya. Selama Perang Dunia II, Lasswell menjabat sebagai Kepala Divisi Percobaan untuk Studi Komunikasi Sisa Perang di Perpustakaan Kongres. Ia menganalisis film propaganda Nazi untuk mengidentifikasi mekanisme persuasi digunakan untuk mengamankan persetujuan dan dukungan dari rakyat Jerman untuk Hitler dan kekejaman masa perang itu. Selalu memandang ke depan, di akhir hidupnya, Lasswell bereksperimen dengan pertanyaan mengenai astropolitics, konsekuensi politik dari penjajahan dari planet lain, dan "machinehood kemanusiaan."
3. CARL HOVLAND

Carl Iver Hovland lahir di Chicago pada tanggal 12 Juni 1912, untuk dua Lutheran keturunan Skandinavia yang, tidak seperti Carl, baik selamat ke sembilan puluhan mereka - Ole C. Hovland (1871-1967) dan istrinya Augusta Anderson Hovland (1876-1970) . saudara muda Carl Warren digambarkan kedua orang tua sebagai "sangat religius." Augusta berimigrasi sendirian dari Swedia pada usia dua belas, dan tidak pernah punya pendidikan formal lebih lanjut. Ole telah tumbuh di pertanian Minnesota orang tua imigrannya - Christenson Iver Hovland, yang telah menjadi pembuat sepatu di Norwegia, dan Marit Olsen Schjeie, yang lebih tua saudara Carl Roger digambarkan sebagai "cepat, cerdas Norwegia wanita-tajam, bangga dia sepuluh anak-anak. Carl ayah Ole meninggalkan keluarga pertanian Minnesota untuk menjadi seorang insinyur listrik dan penemu di Chicago. Ciri-ciri Ole dipuji dalam sebuah artikel dalam Buletin Otomatis Insinyur telepon ini mirip dengan setiap orang yang datang untuk mengagumi dalam anaknyaSalah satu dari dua Carl saudara (berumur panjang seperti orang tua mereka), Roger (1907-1994, enam tahun lebih tua dari Carl) mengikuti ayahnya menjadi karir teknik, dan C. Warren (lahir tahun 1918, enam tahun lebih muda dari Carl) menjadi profesor filsafat dan agama dan ketua Departemen Studi Keagamaan di Oregon State University, di mana sebuah bangunan bernama "Hovland Hall" untuk menghormatinya putra Carl David Alan Hovland (lahir 18 Juli 1941) dan putrinya, sekarang Katharine Hovland Walvick (lahir 12 Desember 1942), baik bakat intelektual nyata mengingatkan pada ayah mereka Daud. memperoleh gelar Ph.D. dalam psikologi dari Harvard, yang telah ayah advisee di Yale, menjabat pada gilirannya sebagai penasihat Daud sampai saya pindah ke Stanford pada tahun 1968. David dan istrinya Carol sekarang tinggal di Austin, Texas, di mana Daud adalah seorang profesor di College Park. Kathie menerima BA Wellesley dalam matematika dan menjadi pada satu waktu wanita termuda hidup master di jembatan Dia mewakili Amerika Serikat di olimpiade beberapa jembatan di seluruh dunia, memenangkan Medali Perunggu di Kepulauan Canary dan Jenewa. Dia dan pengacara suaminya Walter sekarang tinggal di McLean, Virginia, di luar Washington, DC, di mana dia adalah editor hukum senior untuk Dickstein Shapiro Morin & Oshinsky LLP.
Selama hidupnya yang singkat, Hovland menerbitkan lebih dari tujuh puluh artikel, adalah editor atau rekan penulis tujuh buku, dan diawasi setidaknya 22 disertasi doktor Yale. 5 prestasi ilmiah Nya diakui oleh pemilihan awal untuk American Philosophical Society (1950), American Academy of Arts and Sciences (1956), dan National Academy of Sciences (1960), juga oleh conferral dari Distinguished Scientific Award Kontribusi oleh American Psychological Association (1957) dan Howard Crosby Warren Medal oleh Masyarakat Psikolog Eksperimental (1961). Terakhir ini, diberikan dekat dengan waktu kematian Carl, adalah anggun diterima Carl oleh anaknya sembilan belas tahun David dalam apa yang dipanggil kembali oleh lain pengagum Hovland, Yale profesor emeritus Wendel R. Garner, sebagai "luar biasa emosional" kesempatan pada pertemuan tahunan dari masyarakat Agustus (Garner, komunikasi pribadi tanggal 17 Mei 1997).
4. PAUL LAZARSFELD
Paulus Felix Lazarsfeld (13 Februari 1901 - 30 Agustus 1976) adalah salah satu tokoh utama sosiologi di Amerika abad ke-20 . Pendiri Universitas Columbia 's Biro Penelitian Sosial Terapan, ia diberikan pengaruh yang besar atas teknik dan organisasi penelitian sosial . "Hal ini tidak begitu banyak bahwa ia adalah seorang sosiolog Amerika," kata salah satu rekan tentang dia setelah kematiannya, "seperti yang ia menentukan apa yang akan sosiologi Amerika hadapi."
Pengaruh
Lazarsfeld melakukan langkah besar dalam survei statistik analisis, metode panel, analisis struktur laten, dan analisis kontekstual. Ia juga dianggap sebagai pendiri sosiologi matematika. Banyak ide-idenya telah begitu berpengaruh untuk sekarang dianggap jelas. Ia juga mencatat untuk mengembangkan langkah arus komunikasi dua model.
Lazarsfeld juga membuat kontribusi yang signifikan dengan pelatihan sosiolog kepada banyak orang muda. Salah satu penulis biografi Lazarsfeld, Paul Nerauth, menulis bahwa ada "puluhan buku dan ratusan artikel oleh mahasiswa dan murid-muridnya, yang semuanya masih menghirup spirtit pekerjaan orang ini".. Salah satu siswa Lazarsfeld yang berhasil adalah adalah Barney Glaser - propounder dari grounded theory (GT). Formasi Index dan matematika kualitatif mata pelajaran diajarkan oleh Lazarsfeld dan merupakan komponen penting dari metode GT menurut Glaser. Samuel James Coleman , kontributor penting untuk teori sosial pendidikan dan seorang presiden sosiologis Association masa depan Amerika, juga seorang mahasiswa Lazarsfeld di Columbia. kontribusi Lazarsfeld yang signifikan terdiri dari membangun lembaga-lembaga untuk sosiologi akademis di Amerika Serikat, termasuk "model toko" penelitian kolaboratif.
Paulus Lazarsfeld telah menjadi Presiden sosiologis Association Amerika (ASA) dan American Association for Public Opinion Research . Ia telah menerima gelar kehormatan dari banyak universitas, termasuk University of Chicago, Columbia University, Universitas Wina dan Universitas Sorbonne. Pusat penelitian sosial Universitas Columbia telah diubah namanya setelah dia. Pencapaian karir penghargaan dari bagian Metodologi ASA juga dinamai untuk menghormatinya.
Austria
Lazarsfeld lahir di Wina , di mana ia menghadiri sekolah, akhirnya menerima gelar doktor dalam matematika (disertasi doktoralnya ditangani dengan aspek-aspek matematis dari teori gravitasi Einstein ). Pada tahun 1920, ia pindah dalam lingkaran sama dengan Lingkaran Wina para filsuf, termasuk Otto Neurath dan Rudolf Carnap . Dia datang ke sosiologi melalui keahlian dalam matematika dan metode kuantitatif, berpartisipasi dalam beberapa studi kuantitatif dini, termasuk apa yang mungkin survei ilmiah pertama dari pendengar radio, 1930-1931. Pada tahun 1926 ia menikah dengan sosiolog Marie Jahoda . Bersama dengan Hans Zeisel mereka menulis-klasik belajar sekarang tentang dampak sosial dari pengangguran pada komunitas kecil: Die von Arbeitslosen Marienthal (1932; eds bahasa Inggris 1971.). Dia bercerai Marie pada tahun 1934 dan menikah rekannya Herta Herzog , yang menceraikannya pada 1945.
Datang ke Amerika
Penelitian Marienthal menarik perhatian dari Yayasan Rockefeller, yang mengarah ke persekutuan perjalanan dua tahun ke Amerika Serikat., Dari 1933-1935, Lazarsfeld bekerja dengan Federal Emergency Relief Administration dan mengunjungi Amerika Serikat, membuat kontak dan mengunjungi beberapa universitas yang memiliki program yang berhubungan dengan ilmu penelitian sosial empiris. Ini adalah waktu yang selama ini Lazarsfeld bertemu Luther Fried di University of Rochester (yang mengakibatkan inspirasi untuk penelitian dilakukan di Personal Pengaruh, ditulis sekitar dua puluh tahun kemudian) dan Robert S. Lynd], yang menulis studi Middletown. Lynd datang untuk memainkan peran sentral dalam membantu Lazarsfeld beremigrasi ke Amerika Serikat, dan akan merekomendasikan dia untuk direktur Pusat Newark dan Kantor Princeton Radio Research. Lazarsfeld dihubungi Corporation Psikologis, sebuah organisasi nirlaba yang ditujukan untuk membawa teknik-teknik psikologi diterapkan pada bisnis, dan mengusulkan sejumlah proyek yang ditolak karena tidak memiliki nilai yang cukup komersial atau terlalu terlibat. Dia juga membantu John Jenkins, seorang psikolog terapan Cornell University , menerjemahkan sebuah pengantar untuk statistic. Lazarsfel telah menulis untuk murid-muridnya di Vienna Akhirnya, ia mengejar penelitian dalam ide yang disajikan dalam banyak-dibaca "seni bertanya" (1935), yang menjelaskan konsep Lazarsfeld tentang "analisis alasan."
Newark
Pada akhir persekutuan pada tahun 1935, dengan kembali ke Wina yang dibuat tidak bisa dipertahankan oleh iklim politis, Lazarsfeld memutuskan untuk tetap tinggal di Amerika, serta dijamin janji sebagai direktur keringanan pekerjaan siswa untuk Nasional Pemuda Administrasi , yang berkantor pusat di University of Newark (sekarang kampus Newark dari Rutgers University Setahun kemudian, ia mendirikan sebuah lembaga di Newark sepanjang garis-nya Wina Research Center, pelembagaan lapangan marjinal penelitian berpendapat bahwa Lazarsfeld dirasakan adalah kontribusi yang paling penting. Lazarsfeld melihat lembaga sebagai jembatan yang penting antara Eropa dan Amerika model penelitian, dan bersedia untuk menempatkan masa depan lembaga sebelum karir pribadinya. Sebagai contoh, untuk membuat Pusat Newark tampaknya memiliki staf yang lebih besar, Lazarsfeld diterbitkan di bawah nama samaran. Pusat Neward jelas berhasil dalam menghasilkan bunga dalam kedua studi empiris dan dalam Lazarsfeld sebagai manajer penelitian. Penelitian dilakukan padatahun antara 1935 dan 1937 (termasuk penelitian untuk Komarovsky Mirra buku The Man pengangguran dan Keluarganya) menunjukkan bahwa penelitian empiris dapat membantu dan kepentingan untuk keperluan bisnis dan akademisi. Di bawah "Administrasi Penelitian," yang ia sebut kerangka kerja, seorang staf, besar ahli bekerja di sebuah pusat penelitian, mengerahkan baterai sosial-ilmiah pasar survei investigasi metode-massa, analisis statistik data, kerja kelompok fokus, dll - untuk memecahkan masalah yang spesifik untuk klien tertentu. Pendanaan datang bukan hanya dari universitas, tetapi juga dari klien komersial yang dikontrakkan proyek-proyek penelitian. Studi ini menghasilkan seperti dua laporan lama untuk industri susu pada faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi susu, dan kuesioner untuk membiarkan orang menilai apakah mereka berbelanja terlalu banyak (untuk majalah Cosmopolitan ).
Kritik
Bagian utama penelitian Lazarsfeld's menyangkut proses pengambilan keputusan individual dan bagaimana hal itu dipengaruhi oleh media massa. Penelitian Marienthal adalah pengecualian, yang condong ke masyarakat, tetapi dalam semua penelitian yang dilakukan di lokasi setelah Marienthal (Sandusky, Elmira, dan Decatur, misalnya), individu jauh lebih jelas unit analisis. Sementara Lazarsfeld jelas tidak melihat agenda penelitian sendiri sebagai pendekatan hanya untuk penelitian komunikasi, yang lain mengkritik "penelitian administrasi" nya - dibayar oleh komersial dan militer dana-sebagai langkah besar ke arah empiris, penelitian jangka pendek, efek berbasis .
kekuasaan penelitian administratif memberikan foil efektif untuk kritik. Theodor W. Adorno , yang telah bekerja di bawah Lazarsfeld di proyek Radio, datang untuk mewakili tradisi intelektual yang kontras dengan dedikasi Lazarsfeld sendiri untuk empirisme dan kesediaan untuk bekerja sama dengan industri. Demikian juga, kita fokus pada penemuan empiris Lazarsfeld daripada teori grand ("empirisme abstrak" dalam kata-kata C. Wright Mills ) adalah salah satu taji yang dipimpin Robert K. Merton untuk mengembangkan apa yang disebutnya "teori kisaran tengah."
Pada akhirnya, ia berpikir bahwa ide dari penelitian empiris belum secara luas diterima sebagai dia mungkin berharap. Dalam salah satu tulisan terakhir diterbitkan, "Komunikasi Penelitian dan Aplikasi Its: A Postscript" (1976), Lazarsfeld menyesalkan bahwa arus telah berbalik melawan penelitian empiris dan bahwa "sementara peningkatan jumlah penulis menyatakan perlunya [untuk membuat 'aplikasi' sebuah topik] penelitian, sudah pasti bukan subjek permintaan populer di kalangan sosiolog. "

5. KURT LEWIN
Kurt Lewin lahir di sebuah desa kecil di Mogilno, sebuah provinsi Prusia Posen yang kini dianggap Polandia. Ayah dan ibunya yang memiliki toko umum kecil. Keluarga Kurt tinggal di atas toko di kota. Di luar kota keluarganya memiliki sebuah peternakan kecil. Dia adalah anak kedua dari empat lahir dalam keluarganya
Pada usia lima belas keluarganya pindah ke Berlin. Lewin segera terdaftar di Gimnasium di mana dia diperkenalkan kepada filsafat Yunani. Pada tahun 1909 mendaftar di Universitas Frieberg untuk belajar kedokteran biologi. Kemudian ia dipindahkan ke Universitas M√ľnchen untuk belajar. Pada tahun 1910 ia mulai sekolah untuk mendapatkan gelar doktor dalam filsafat dan psikologi di Universitas Berlin. Setelah empat tahun belajar di bawah Carl Stumpf ia menerima gelar di bidang psikologi. Tak lama di sana setelah ia memasuki Kaiser tentara dan masuk ke divisi infanteri. Dia menghabiskan empat tahun pertempuran di Perang Dunia I sampai dia terluka. Dia meninggalkan tentara sebagai letnan dan memperoleh salib besi
Pada tahun 1917 Kurt menikahi Maria Landsberg, guru sekolah. Dia dikaruniai dua anak, tetapi pernikahan hanya berlangsung sepuluh tahun. Anak pertamanya adalah seorang anak perempuan bernama Agnes yang lahir pada tahun 1919. Yang kedua adalah seorang putra, Fritz lahir pada tahun 1922. Pada 1929 ia menikah Gertrud Weiss. Dia memiliki anak ketiga, anak perempuan bernama Miriam pada tahun 1931. anak keempatnya seorang putra bernama Daniel datang pada tahun 1933. Ibunya tewas di sebuah kamp pemusnahan Nazi pada tahun 1944. Pada tahun 1947 Kurt meninggal mendadak karena serangan jantung.
Pada tahun 1921 di Institut Psikologi dari Universitas Berlin ia ditunjuk untuk kuliah di filsafat dan psikologi. Secara antusias dan informal yang menarik siswa dalam kelompok-kelompok yang ketat untuk mendiskusikan berbagai permasalahan sosial. Mereka sering akan bertemu di kafe di seberang lembaga. Sementara ia di Berlin ia mengawasi banyak studi penelitian eksperimental. Dia tidak punya masalah mengizinkan wanita untuk berpartisipasi dalam diskusi baik kolegial dan penelitian signifikan. Ini selama mengekang Tichner di Amerika dengan pencoba itu yang tidak mengizinkan perempuan dalam kelompoknya.
Lewin menghadiri pertemuan Kongres Internasional Psikolog di Yale pada tahun 1929. Acara ini akan menjadi yang pertama kali di Amerika. Ia menyajikan sebuah film pada hambatan dan kekuatan lapangan bermain. Itu adalah tentang anak-anak belajar untuk duduk di atas batu. Stanford Kurt untuk menghabiskan enam bulan sebagai profesor tamu pada tahun 1930. Rekomendasi untuk pekerjaan itu datang dari Direktur Laboratorium Psikologi di Harvard, Edwin Boring. Dia telah mendengar Kurt berbicara pada pertemuan Yale.
Setelah masa jabatannya di Stanford sudah berakhir Kurt dan istri barunya menuju pulang ke Jerman. Istrinya menetap karena putri mereka sedang sakit, Kurt melanjutkan perjalanannya. Setelah mendengar tentang Hitler naik kekuasaan, istri dan putrinya memutuskan untuk tinggal di New England. Kurt segera dapat kembali ke Amerika karena upaya gabungan dari Komite Pengungsi beasiswa dan Ethel Waring. Peringatan Dr adalah seorang spesialis perkembangan anak di Cornell, dan terkesan oleh Teman kerja Lewin sementara dia mengunjungi Instute Psikologis di Berlin. Dia datang untuk jangka waktu dua tahun di Cornell School of Home Ekonomi. Setelah pendanaan berakhir di Cornell ia diterima ke jangka dua tahun pada tahun 1935 di University of Iowa. Selama waktu yang dihabiskan di Iowa ia dinilai Kesejahteraan Anak Research Station.. Ini adalah di mana ia tinggal hingga 1944.
Kumpulan makalah Kurt diterbitkan dalam bahasa Inggris pada tahun 1935, berjudul "A Theory Dinamis Personality". Makalah ini terdiri dari perbandingan dan psikologi Jerman dan Amerika berdasarkan observasi pra-sekolah anak usia. Selama 1936 sebuah publikasi kedua dicetak berjudul "Prinsip Topological Psikologi". Tahun 1946 membawa pada publikasi lain dua "Psikologis Yahudi Permasalahan dalam Pendidikan" dan "Frontiers di Grup Dynamics" Universitas Harvard mengundang Kurt untuk menjadi profesor mengunjungi selama musim semi tahun 1938 dan 1939. Dia memilih untuk tidak pergi melalui departemen Psikologi melainkan Klinik Psikologi. Henry Murray direktur klinik saat itu. konsepnya tentang kepribadian manusia dipengaruhi oleh teori Kurt. Pada tahun 1940 Kurt naturalisasi menjadi warga negara Amerika Serikat. Dia membantu upaya mobilisasi ketika AS memasuki PD II. Dia memiliki izin keamanan dan menjadi konsultan pada berbagai macam masalah nasional yang terkait dengan perang.
Pada tahun 1944 Kurt mendirikan Komisi Masyarakat interrelations (CCI). Kurt juga kuliah pada masalah minoritas dan hubungan antargolongan, yang membuatnya cukup popular. Dia juga mencari sebuah lembaga akademis untuk pekerjaan penelitian tentang dinamika kelompok. Ia datang untuk kesimpulan bahwa itu akan menjadi salah satu dari dua tempat baik MIT atau UC di Berkley. MIT Douglas McGregor adalah orang pertama yang memberitahukan penerimaan kirinya. Ia Iowa dan mulai membangun mimpinya pada 1945.
Sejak kematian mendadak pada tahun 1947, rekan-rekannya telah menerbitkan banyak makalah yang belum selesai. Teman kontribusi Lewin untuk psikologi yang terbesar dalam dan anak psikologi sosial. Lewin juga mempromosikan pendidik dan para pemimpin bisnis memanfaatkan pelatihan sensitivitas untuk meminimalkan konflik antargolongan dan mengembangkan 'benar potensi individu tersebut Dalam kesimpulan kontribusinya untuk psikologi masih diakui dan hari ini digunakan.
Time Line

1890-Lahir di Moglino, Provinsi Prusia Posen (sekarang dikenal sebagai Polandia)
1914-Memasuki Kaiser's Army selama empat tahun selama Perang Dunia I
1914-Selesai Ph.D. di Universitas Berlin
1917-Menikahi Landsberg Maria
1919-Anak pertama yang lahir bernama Agnes
1921-Diangkat ke kuliah di Universitas Berlin
1922-Putra Pertama lahir bernama Fritz
1929-Menikahi Gertrud Weiss
1931-Putri Kedua lahir bernama Miriam
1932-Profesor Tamu di Universitas Stanford
1933-Anak ke tiga lahir bernama Daniel
1933 melarikan diri dari Jerman ke Amerika Serikat
1933-Fakultas di Universitas Cornell
1935-Diterbitkan "Sebuah Teori Dinamis Personality
1935-Profesor di University of Iowa
1936-Diterbitkan "prinicples Psikologi Topological
1940-Menjadi warga negara Amerika
1944-Mulai Pusat Penelitian Dinamika Kelompok, MIT
1944-Komisi interrelations Masyarakat (CCI)
1946-Diterbitkan "Masalah Psikologis dalam Pendidikan Yahudi"
1946-Diterbitkan "Frontiers dalam Dinamika Kelompok"
1947-Meninggal serangan jantung



Sumber :

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.servinghistory.com/t opics/Harold_Lasswell

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.answers.com/topic/p aul-lazarsfeld

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://faculty.frostburg.edu/mbra dley/psyography/lewin.html

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Har old_Lasswell

http://kuliahkomunikasi.blogspot.com/2008/03/model-komunikasi-schramm.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, setelah membacanya.
Terima kasih