5 Merek Dagang yang Mewakili Nama Barang Sejenisnya.

September 19, 2017 0 Comments A+ a-

Bahasa menunjukan bangsa. Ini merupakan adegium kalsik yang memang benar adanya. Bahasa menunjukan identitas personal seseorang. Mulai dari kesantunan bahkan sampai pada asal, adat istiadat dan suku bangsanya. Bahasa pula yang mempersatukan kita sebagai media komunikasi yang efisien. Bayangkan seandainya kita tak saling mengerti bahasa diantara lawan bicara kita. Bisa saja ada terjadi berbagai masalah.

Mengenai bahasa, juga dipengaruhi oleh latar belakang budaya dan tren setempat. Seperti di daerah Nusa Tenggara Timur dengan dialek  yang berbeda dengan daerah lain, juga mempunya beberapa nama atau sebutan yang populer pada awal perkenalannya di masyarakat dan kian menjadi nama untuk segala macam merek dagang yang lain.

Berikut ini ada beberapa nama merek dagang yang menjadi nama atau bahasa lokal untuk mewakili setiap benda tersebut walau berbeda merek dagang.

1. Honda
Hampir sebagain besar daerah di Kabupaten ende menyebut semua sepeda motor dengan sebutan Honda. Hal ini dipicu dari awal kemunculan sepeda motor Honda astrea yang lagi tren di akhir tahun 80-an. Sepeda motor tersebut hanya bisa dibeli oleh Pegawai Negeri Sipil dan beberapa guru sekolah dasar yang mengajar di kampung-kampung. 

Kecenderungan menyebut honda tersebut kemudian menyebar pada munculnya kendaraan bermotor tersebut dengan merek dagang yang berbeda. Lidah mereka seolah telah terbiasa dengan menyebut Honda sehingga walaupun muncul merek lain selalu menyebutnya dengan honda.
Padahal di awal tahun 2000-an mulai muncul berbagai merek lain seperti yamaha, suzuki, kawasaki dan merek lainnya dari China. Namun, seiring dengan perkembangan pengetahuan masyarakat, orang mulai menyadari dan menyebutnya motor. Tapi, di masyarakat pedesaan masih banyak menyebut dengan panggilan honda.


2. Aqua
Minuman kemasan ini memang sangat tenar di daerah NTT. Orang menyebutnya dengan nama aqua. Walaupun ada beberapa kasus orang yang ingin membelinya mengira bahwa minuman kemasan ini mempunyai rasa lain. Seperti manis atau mint. Terkadang ada yang membuangnya begitu merasakan ternyata minuman ini tidak berasa. Hal ini dipicu karena kurangnya informasi sejak kemunculan awalnya.


Sekarang ini, banyak minuman air mineral yang beredar di pasaran. Baik yang berkemasan botol atau pun gelas. Namun, orang selalu menyebutnya dengan nama aqua untuk semua merek air mineral kemasan tersebut.


3. Rinso
Detergen apa pun yang dijual dipasaran selalu disebut rinso. Misalkan mama meminta bantuan kita untuk membeli detergen tersebut di pasar atau warung dekat rumah, selalu menyebutnya rinso. “anak, kau tolong pergi beli rinso di kios depan dulu” padahal bisa saja yang dimaksud itu, Daia, So klin atau pun detergen merek lainnya.


4. Swallow
Swallow yang dimaksud adalah merek salah satu sandal jepit. Karena, mungkin merek ini yang paling pertama muncul di pasaran masyarakat kami, sehingga namanya menjadi tren dan mewakili semua nama sendal jepit dengan merek lainnya.


5. Spuit
Spuit yang dimaksud di sini adalah sebutan untuk segala macam cat semprot. Entah dari mana asal namanya, spuit itu dinamakan pada semua bentuk dan merek cat semprot atau pilox tersebut.

Tulisan Terbaru

Sera Diri – Salah satu Tahap Perkawinan Tana Zozo.

Ilustrasi dari internet   “saya cintau dengan kau e…” “hmmm… gombal” “Tidak e. Serius” “kalo serius buktinya mana?” “bukti apa? Be...