Namanya Tarik Rambut

Desember 14, 2018 0 Comments A+ a-


Ilustrasi Foto diambil dari SINI

Di flores, orang tidak hanya mencintai Tuhan dengan cara paling ikhlas tapi juga memgkianatinya dengan cara cukup santun. Misalnya, ketika mencuri kelapa, orang terlebih dahulu membuat tanda salib mohon perlindungan agar tidak ada musibah selama memanjat kelapa, juga celengak celinguk mencari orang. Mungkin ada tuannya di salah satu sudut kebun.

Cerita tentang mencoba membohongi Tuhan tidak hanya sampai di situ. Ada cara lain yg cukup mainstream sekarang ini. Apalagi menjelang natal. Perayaan memperingati kehadiran Yesus ke dunia ini bukan saja perkara mempersiapkan batin. Ada perkara lain yang dilakukan seperti persiapan kue natal dan segala pernak-pernik natal. Yang disebutkan ini, saya rasa sudah banyak dilakukan oleh umat kristen di seluruh dunia. Hal lain yang hanya ditemukan pada orang flores dan tidak ditemukan pada orang lain ialah berhubungan dengan rambut.

Orang menganggap rambut adalah mahkota. Untuk itu segala macam cara dilakukan untuk rambut, dari cara tradisional menggunakan santan kelapa sampai pada cara modern dengan shampo atau creambath. Hak tentang perlakuan istimewa terhadap rambut dilakukan oleh mereka yang merasa diri tidak dikarunia rambut indah oleh Tuhan. Bagi sebagian besar perempuan flores yang berambut ikal atau keriting mereka harus rela berbagi rejeki dengan pengelola salon kecantikan. Rebonding.

Perihal rambut ini, saya membuat beberapa simpulan yang mungkin sedikit berlebihan menurut kalian, tapi tak apalah. Saya menganggap perlakuan merekalah yang berlebihan. hehehehee...
Yang pertama, tentang kurangnya rasa hormat dan terima kasih kepada Sang Pencipta yg telah menghadirkan kita dengan tampilan yang sekarang.

Yang kedua, tentang kepercayaan diri. Orang yang demikin cendereng tidak percaya terhadap apa yang telah ia miliki. Tipe pribadi yang tak pernah puas dengan keterbatasan lahiriah dan berusaha untuk mengingkarinya.

Yang ketiga, tentang pemahaman yang keliru. Kecendurangan melihat bahwa yang putih atau yang berambut lurus adalah yang cantik, sedangkan selain itu ialah mereka yang kurang cantik.

Di flores, jenis rambut pun bertambah, padahal tidak ada padanan katanya dalam kamus besar bahasa indonesia. Misalnya, ketika kita bertanya perihal ciri-ciri seseorang, salah satunya disebut ciri rambut. berambut LURUS, KERITING, IKAL dan jenis terakhir di sini BERAMBUT TARIK.

Sekian catatan ngasal  dari saya. jangan tersinggung ya!

SELAMAT MELAKUKAN RITUAL TARIK RAMBUT MENJELANG NATAL DI SALON-SALON TERDEKAT ANDA.

Dari Kampung Kepi yang selalu berganti scene,
gerimis, mendung, cerah dan cerah berawan

NB: catatan ini pernah dibuat di facebook beberapa tahun lalu.

Tulisan Terbaru

Sera Diri – Salah satu Tahap Perkawinan Tana Zozo.

Ilustrasi dari internet   “saya cintau dengan kau e…” “hmmm… gombal” “Tidak e. Serius” “kalo serius buktinya mana?” “bukti apa? Be...